Wednesday, May 03, 2006

Richie

Kalau kamu bertahan kamu akan memperoleh hidupmu. (Lukas 21:19)

Ini sebuah kisah nyata tentang Richie, profesional tengah usia, dari kota New York. Dalam sebuah seminar di kota New York awal Juni lalu, nama Richie tiba-tiba melambung. Ia disebut-sebut sebagai ‘model terbaik’ dalam urusan goal setting. Mengapa? Pada awal Mei, Richie membuat sebuah perencanaan dan goal setting untuk masa 20 tahun ke depan. Padahal, enam pekan sebelumnya dokter telah memastikan bahwa Richie mengidap kanker otak, dan secara medis tak mungkin bertahan hidup lebih dari tiga bulan.
Richie ternyata meninggal lebih cepat dari yang diperkirakan para dokter. Tepatnya, sepekan sebelum ia terpilih menjadi ‘model’. Tapi, ia telah mewariskan sebuah kebijakan hidup yang amat tinggi nilainya.Yakni setiap kita tak pernah boleh berputus asa apalagi menyerah pada persoalan hidup. Kita harus terus berharap.
Sesungguhnya tak mudah untuk bertumbuh menjadi orang yang selalu berpengharapan. Apalagi dalam situasi hidup yang amat kritis. Sayangnya tak ada ‘sekolah’ yang khusus mendidik kita untuk menjadi insan yang optimis.
Namun, janganlah kita berkecil hati. Pasalnya, Kitab Suci kita menawarkan begitu banyak figur yang patut dijadikan contoh untuk selalu berharap. Salah satu di antaranya ialah Nabi Musa. Ketika Musa berdiri di gunung Nebo, ia menyadari bahwa ajalnya kian mendekat. Artinya, ia sendiri tak akan pernah menginjakan kakinya di tanah yang dijanjikan Allah.
Bagaimanakah syaratnya agar bisa menjadi seorang yang tetap berpengharapan seperti Richie dan Nabi Musa? Mengacu ke Kitab Suci, syarat untuk meneladani Richie dan Nabi Musa bisa disarikan menjadi dua. Pertama, mengimani atau percaya kepada Allah dengan segenap jiwa dan raga. Sebab Allah adalah pribadi yang tak pernah ingkar janji.
Kedua, menyadari bahwa kita sungguh-sungguh dikasihi Allah, sebagai anak-anakNya sendiri. Kita diciptakan, dipelihara dan ditebus dari segala dosa melalui darah Yesus Kristus, PutraNya.

Business Wisdom:
Pikiran ibarat parasut – tak akan bekerja bila tidak terbuka. (Anonim)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home