Tuesday, May 02, 2006

Doa Yesus

Siapa mengejar kebenaran dan kasih akan memperoleh kehidupan, kebenaran dan kehormatan. (Amsal 21: 21)

Tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah (1 Petrus 3: 4)

Karir atau pun bisnis Anda bisa terkulai dan hancur berantakan karena suatu gesekan atau salah paham dengan rekan kerja atau mitra bisnis. Dalam situasi sulit seperti itu Anda sesungguhnya membutuhkan dukungan emosional (emostional support). Tapi, bagaimanakah caranya? .
Menurut spiritualis Henry J. M. Nouwen cara paling efektif untuk mendapat dukungan emosional dalam situasi paling sulit yaitu menemukan anggota keluarga, seorang sahabat atau pun sekelompok teman yang sungguh dapat Anda percayai. Kepadanya, hendaknya Anda secara jujur men-share-kan harapan, mimpi, kecemasan bahkan ketakutan Anda.
Namun, tambah Nouwen pula, tak jarang anggota keluarga atau sahabat Anda sedang bergulat dengan perubahan sebagaimana Anda alami, sehingga tak dapat memberikan dukungan emosional seperti yang Anda butuhkan. Dalam situasi demikian Anda sebaiknya menemui seorang konsultan yang menaruh perhatian secara profesional pada masalah perkembangan kepribadian. Dan, apabila Anda ternyata merasa kurang sreg dengan konsultan, maka cara terbaik yang dapat Anda tempuh ialah mengikuti workshop atau ikut dalam sebuah kelompok pendukung atau menciptakan sebuah kelompok pendukung sendiri.
Tapi, katanya lagi, dua langkah di atas sebaiknya hanya menjadi pelengkap. Langkah yang paling utama ialah bermeditasi, menemukan dan mengikuti dorongan energi atau petunjuk yang muncul dalam diri sendiri.
Agar inner guidance menjadi lebih efektif maka Anda mesti melibatkan Tuhan Yesus. Salah bentuk latihan yang dapat dipakai ialah duduk bersila atau berbaring dalam posisi yang nyaman. Tutuplah matamu. Tarik dan hembuskan napas dan biarkan pikiranmu tenang, rileks sembari menyebut nama Yesus. Tariklah napas yang dalam dan sebutlah: Yesus, Yesus, Yeee… tahan beberapa lama, lalu hembuskannya lagi secara perlahan-lahan dan sebutlah sussss…. Lakukanlah ini berulang-ulang, sehingga Anda merasakan bahwa Anda bernapas dalam dan bersama Yesus. Inilah doa paling sederhana yang dapat menjadi sumber kekuatan bagimu dalam menjalani hidup, terutama pada saat yang sulit.

Business Wisdom:
Emas menembus masuk semua pintu kecuali pintu surga. (Anonim)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home