Tuesday, May 02, 2006

Jangan Curang!

Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. (Efesus 4:30)

Hidup sesuai dengan bisikan hati nurani memang tidak mudah. Apalagi dalam konteks berbisnis. Godaan untuk melakukan kecurangan demi profit yang besar amat sering muncul.
Memang, jika kita amat ada begitu banyak orang yang dapat mengatasi godaan, tapi tak sedikit pula yang gagal menolak godaan itu.
Salah satu murid Tuhan yang mencoba berbisnis sambil berpedoman pada hati nurani ialah Ellen Theresia. Bersama suamnya Harianto Setiadinata, sejak tahun 1978, Ellen merintis bisnis Water & Waste Treatment Specialist.
“Ya …dulu, saya dan suami bekerja keras, bahu membahu membangun usaha ini dengan modal yang boleh dibilang amat minim. Karyawannya saja baru empat orang untuk administrasi. Saya sendiri memegang penjualan dan suami sebagai tenaga lapangan. Kami tidak memiliki gedung sendiri, makanya sering berpindah-pindah, seirama meningkatnya usaha ini”, katanya kepada Karunia Bisnis beberapa waktu lalu.
Kini, semua persoalan itu telah dilewati dan kondisi perusahaan terus bertumbuh menjadi lebih baik. “Sekarang perusahaan kami bergerak di beberapa bidang. Selain di bidang Water & Waste Treatment Specialist, kami pun bergerak di bidang Industrial Cleaning Chemicals, dan Water Storage System Specialist.
Menurut Ellen, buah dari berbisnis dengan berpedomankan hati nurani ialah bisnis ialah rasa kepuasan bathin yang terkirakan di samping usaha yang terus maju. “Sekarang kami sudah menetap karena memiliki gedung kantor sendiri (lima lantai) dengan ruangannya yang lebih banyak dan lega. Jumlah karyawan pun sudah bertambah hingga lebih dari 100 orang karyawan/i untuk kantor yang di Jakarta. Belum terhitung karyawan di lima kantor cabang yaitu di Bandung, Solo, Surabaya, Medan, dan Batam”.
Ellen bersaksi bahwa dalam menjalankan roda bisnisnya dia selalu berpegang pada sejumlah prinsip dan nilai yang sesuai bisikan hati nurani. Yaitu, berbisnis dengan ulet, bekerja keras dan jujur.
Ellen pun mengatakan, “godaan-godaan untuk melakukan kecurangan dan penipuan itu pasti ada. Tapi, untuk apa sih?”
Praktik bisnis yang dijalani Ellen amat sesuai dengan pesan Kitab Suci. Sebab, dari Kitab Suci kita semua tahu bahwa Tuhan mengundang setiap kita untuk selalu hidup dalam kebenaran sebagaimana yang pernah dijalani Yesus yang adalah saudara sulung dan guru kita.

Business Wisdom:
Kita tahu apa itu keadilan itu bila kita telah merasakan luka-luka ketidakadilan. (Aristoteles).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home